tukar LinkBanyak komentar disini maupun email masuk yang menanyakan bagaimana cara membuat halaman tukar link otomatis. Dengan tukar link otomatis maka kita tidak perlu memasukkan secara manual daftar blogroll seperti biasa. Selain itu untuk menunjukkan bahwa kita welcome pada setiap kawan blogger yang ingin berkawan dan bertukar link dengan kita.

Tukeran link yuk!, boleh gak kita tukeran link, tuh link blog ini sudah kupasang diblog aku.
Sering kita mendapat komentar atau email seperti diatas itu, dan seringkali juga apabila kita sedang sibuk maka permintaan semacam itu bisa menjengkelkan, padahal bukannya kita sombong, hanya saja kita sedang sibuk bukan? padahal dihati kita justru ingin dan suka menambah kawan dalam daftar blogroll kita. Disinilah kita sebenarnya sudah membutuhkan apa yang disebut tukar link otomatis. Sayangnya proses pemasangan kadang tidak lancar dan kode script tidak berjalan dengan sempurna. Beberapa kawan mengalami hal ini.
Bagi kawan yang belum tahu caranya membuat dan ingin juga memasang, maka silahkan ikuti langkah dibawah ini:
Pertama:

Daftar dulu disini, gratis kok, proses pendaftaran sama dengan pendaftaran layanan lainnya, dan lakukan sampai melakukan konfirmasi dari email yang diterima. Saya tidak akan menjelaskan detil untuk hal ini, karena jika anda sudah bisa mendaftar sebagai blogger maka tidak akan sukar melakukan pendaftaran ini.
Kedua:

Langkah kedua adalah login ke account anda tadi kemudian kemudian pilih kode yang untuk blogger baru, lakukan terus prosesnya sampai anda mendapatkan kode script untuk blog anda. Saya tidak akan menjelaskan rinci, nanti dikira menggurui kayak pada anak kecil. Sebagai contoh saya akan menggunakan kode saya sendiri seperti dibawah ini:

Kode 1 <script type="text/javascript" src="http://www.blenza.com/linkies/header.js"></script> Kode 2 <script type="text/javascript" src="http://www.blenza.com/linkies/autolink.php?owner=ateonsoft&postid=07Nov2008"></script>
Nah anda akan dberi kode mirip dua kode diatas kira-kira. Simpan di notepad dulu dua kode diatas.
Ketiga:

Masuk ke dashboard blogger anda (tentu login dulu) dan masuk pada edit HTML, kemudian temukan kode <head> (ada disekitar bagian atas), kalau sudah ketemu letakkan kode1 diatas dibawah kode <head> tadi. Simpan template anda.
Keempat:

Buatlah sebuah postingan baru dan beri pengantar misalnya seperti dibawah ini: (dalam mode HTML)
Silahkan memasang link anda disini, dan saya minta anda memasang link blog ini di blog anda <br />

Jika saat saya berkunjung ke blog anda tidak saya temukan link ke blog saya ini di blog anda, maka dengan sangat terpaksa akan saya hapus link anda disini, oleh karena itu silahkan anda konfirmasikan dikomentar dimana (URL) link blog ini anda letakkan di blog anda, terima kasih dan salam blogger.

<br />

<script type="text/javascript" src="http://www.blenza.com/linkies/autolink.php?owner=ateonsoft&postid=07Nov2008"></script>
Perhatikan text warna kuning diatas, itu adalah kode 2 tadi. Sekarang publikasikan postingan tersebut, jreng...! sudah jadi kan? selamat mencoba!
Ngomong-ngomong saya mau lho dipasangkan link ateonsoft.com di blog kawan yang menjalankan tutorial ini, hehe.. bercanda kok.