Ironis, Dosen Sendiri Jadi Objek Otopsi Mahasiswa !





STOCKHOLM - Ini adalah pengalaman pertama mereka melakukan otopsi, namun para mahasiswa sekolah kedokteran ini harus menghadapi kenyataan ironis. Tubuh yang harus mereka otopsi adalah jenazah guru mereka sendiri.

"Proses otopsi pertama ini amat sangat emosional, karena kami mengotopsi seseorang yang sangat kami kenal!" ujar salah satu mahasiswa belum dapat menutupi kekagetannnya.


"Saya merasa ada sesuatu yang salah," ujar mahasiswa lainnya.

Kepala dokter Birgitta Sundelin mengatakan ini adalah kebetulan yang sangat menyedihkan. Dia mengatakan para mahasiswa biasanya diberitahu jasad siapa yang akan mereka otopsi, begitu juga dengan proses kali ini.

Namun seorang murid membantah hal itu. Dia mengatakan seluruh kelas tidak mengetahui jenazah siapa itu hingga mereka melihat nama dosen mereka di kertas identitas yang tergantung di jempol kaki mayat.

Ketua departemen Tina Dalianis mengatakan dia menyesali kejadian ini. Namun dia menambahkan para mahasiswa harus belajar menghadapi hal-hal seperti ini. "(Kebetulan) ini sangat mengerikan, namun kadang kita harus belajar menghadapinya. Memang sangat menyedihkan mereka harus menghadapi ini."